Kebijakan Privasi

PT. Bank Maspion Indonesia, Tbk (selanjutnya disebut “Bank”) merupakan lembaga perbankan yang memerlukan, mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan informasi pribadi Nasabah (selanjutnya disebut “Anda / Subjek Data Pribadi”) untuk proses pelaksanaan produk-produk dan/atau layanan yang diselenggarakan. Bank berkomitmen untuk menerapkan Prinsip Kerahasiaan (Confidential Principle) dalam menjaga kerahasiaan dan melindungi data maupun informasi milik Anda, baik informasi keuangan maupun informasi pribadi berkaitan dengan penggunaan layanan produk-produk dan/atau layanan perbankan yang diselenggarakan oleh Bank.

Kebijakan Privasi ini (selanjutnya disebut “Kebijakan Privasi”) berlaku bagi Anda selaku pemilik Data Pribadi yang terkait dengan penggunaan produk dan atau jasa perbankan yang diselenggarakan oleh Bank.

 

1. Data Pribadi yang diproses

Data Pribadi adalah data yang secara langsung atau tidak langsung dapat mengidentifikasi Anda (selanjutnya disebut “Data Pribadi”). Adapun Data Pribadi yang Bank kumpulkan antara lain:

  1. Data pribadi (termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat tempat tinggal, tempat dan tanggal lahir, detail kartu identitas/paspor, detail pendidikan, nomor telepon, kewarganegaraan, dan/atau pekerjaan);
  2. Data biometric;
  3. Data lokasi;
  4. Spesimen tanda tangan;
  5. Data keuangan pribadi (misalnya pendapatan, pengeluaran, dan/atau riwayat kredit, informasi pajak dan asuransi);
  6. gambar dan rekaman suara percakapan Bank dengan Anda;
  7. rincian pekerjaan (misalnya pekerjaan, jabatan dan/atau posisi yang dipegang, riwayat pekerjaan, gaji, dan/atau tunjangan);
  8. informasi mengenai profil risiko, investasi, tujuan investasi, pengetahuan dan pengalaman, dan/atau kepentingan dan aset bisnis Anda;
  9. informasi perbankan (misalnya nomor rekening dan transaksi perbankan); dan/atau
  10. data lain yang disampaikan kepada Bank sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

 

2. Pemerolehan dan Pengumpulan

Bank dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi baik secara langsung oleh Anda, melalui berbagai sarana dan aktivitas antara lain Formulir Aplikasi, Mobile Banking, dan Website, Layanan Call Center, Aktivitas Transaksi, platform media sosial resmi Bank, maupun melalui pihak yang memiliki hubungan afiliasi dengan Bank dan pihak ketiga yang terkait.

 

3. Hak Subjek Data Pribadi

Sebagai Subjek Data Pribadi, Anda memiliki hak untuk:

  1. Memperoleh informasi mengenai kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan dan penggunaan Data Pribadi, dan pertanggungjawaban pihak yang meminta Data Pribadi.
  2. Melengkapi, memperbaharui dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi tentang diri Anda sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi.
  3. Mendapatkan akses dan memperoleh salinan Data Pribadi tentang diri Anda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  4. Mengakhiri pemrosesan, menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi tentang diri Anda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  5. Menarik kembali persetujuan atas pemrosesan Data Pribadi tentang diri Anda yang telah diberikan kepada Bank dan/atau Pemroses Data Pribadi
  6. Mengajukan keberatan atas tindakan pengambilan keputusan yang semata-mata didasarkan pada pemrosesan otomatis, termasuk pembuatan profil yang menimbulkan konsekuensi hukum atau berdampak signifikan pada Subjek Data Pribadi.
  7. Menangguhkan atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi.
  8. Menuntut atas pelanggaran pemrosesan Data Pribadi tentang diri Anda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  9. Memperoleh dan/atau menggunakan Data Pribadi Anda dari Pengontrol Data Pribadi dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan/atau format yang lazim digunakan atau dapat dibaca oleh sistem elektronik.
  10. Menggunakan dan mengirimkan Data Pribadi Anda kepada Pengontrol Data Pribadi lainnya, sepanjang sistem yang digunakan dapat saling berkomunikasi secara aman sesuai dengan prinsip-prinsip Perlindungan Data Pribadi berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

 

4. Hak untuk Menarik Persetujuan

Anda berwenang / berhak untuk menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi yang telah Anda berikan kepada Bank kecuali terdapat ketentuan perundang-undangan yang melarang. Penarikan persetujuan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan Bank untuk dapat melayani dan/atau menyediakan produk, layanan, dan/atau jasa kepada Anda serta mengelola hubungan yang telah dibuat antara Bank dengan Anda ataupun antara Bank dengan pihak ketiga lainnya termasuk dapat mengakibatkan terhentinya produk, layanan, dan atau jasa yang Bank berikan kepada Anda. Bank tidak bertanggungjawab atas segala kerugian yang timbul akibat pelaksanaan hak Anda untuk menarik persetujuan pemrosesan Data Pribadi.

 

5. Tujuan Pemrosesan Data Pribadi

Bank akan memproses Data Pribadi Anda untuk berbagai tujuan antara lain:

  1. Melaksanakan prinsip-prinsip Know Your Customer (KYC) dan memberikan personalisasi kepada Subjek Data Pribadi terkait penggunaan layanan yang disediakan oleh Bank;
  2. Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Pemerintah dan/atau otoritas yang berwenang;
  3. Mengembangkan dan menyediakan fasilitas, produk atau layanan termasuk namun tidak terbatas pada melakukan penelitian, perencanaan, analisis statistik atau untuk tujuan mengembangkan atau meningkatkan produk, layanan, keamanan, kualitas layanan, dan strategi periklanan;
  4. Meninjau dan memproses aplikasi, instruksi atau permintaan dari Anda atau nasabah kami;
  5. Berkomunikasi dengan Anda, termasuk memberikan kepada Anda informasi terkini mengenai perubahan pada produk, layanan dan fasilitas perbankan (baik yang disediakan oleh kami atau melalui kami) termasuk penambahan, perluasan, penangguhan dan penggantian dari atau pada produk, layanan dan fasilitas perbankan tersebut beserta syarat dan ketentuannya;
  6. Menangani atau menyelidiki keluhan, klaim, atau perselisihan;
  7. Melakukan pemeriksaan kredit, skrining atau pemeriksaan uji tuntas sebagaimana yang mungkin disyaratkan berdasarkan hukum, peraturan yang berlaku;
  8. Pelaporan keuangan, pelaporan peraturan peraturan perundang-undangan dan regulator, pelaporan manajemen, manajemen risiko (termasuk pemantauan eksposur kredit), tujuan audit dan pencatatan, maupun kepada instansi berwenang lainnya; dan/atau
  9. Untuk tujuan lainnya sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

6. Penyimpanan Data Pribadi

Bank berkomitmen untuk menjaga Data Pribadi Anda secara optimal dalam menyediakan layanan. Beberapa Data Pribadi Anda juga dapat dikelola, diproses, dan disimpan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Bank untuk menjaga kinerja layanan dengan tetap mematuhi kewajiban terkait akses dan efektivitas pengawasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bank akan menyimpan Data Pribadi Anda selama diperlukan untuk mencapai tujuan pemrosesan Data Pribadi, selama Anda masih menggunakan Layanan, dan/atau selama penyimpanan tersebut diwajibkan atau diizinkan sesuai dengan kebijakan penyimpanan data dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

Bank akan berhenti menyimpan dan/atau menghentikan pemrosesan Data Pribadi Anda, segera setelah meninjau bahwa alasan pengumpulan Data Pribadi tidak lagi terpenuhi dan/atau penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan hukum dan bisnis.

 

7. Pengungkapan Data Pribadi

Bank dapat dari waktu ke waktu dan sesuai dengan semua ketentuan hukum yang berlaku mengenai pelindungan Data Pribadi, mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada perusahaan induk dan/atau afiliasinya dan pihak ketiga, baik yang berada di Indonesia maupun di tempat lain, untuk melaksanakan tujuan-tujuan yang disebutkan di atas.  Pihak ketiga tersebut termasuk dengan tidak terbatas pada:

  1. anak perusahaan, afiliasi dan perusahaan terkait Bank;
  2. kontraktor, agen, penyedia layanan dan pihak ketiga lainnya yang digunakan untuk mendukung bisnis Bank;
  3. Pihak-pihak yang menyediakan layanan administratif atau lainnya kepada Bank seperti jasa pos, perusahaan telekomunikasi, mitra co-brand ketika Anda mengajukan suatu produk atau memiliki produk co-brand;
  4. penyedia layanan TI dan infrastruktur, termasuk penyedia layanan cloud dan pusat data;
  5. agen pemasaran, periklanan, dan komunikasi;
  6. biro kredit dan/atau agen referensi kredit;
  7. auditor eksternal, konsultan, dan penasihat profesional;
  8. pihak-pihak yang bertindak atas nama Anda, penerima pembayaran, penerima manfaat, perantara, bank agen dan koresponden, bursa, repositori data perdagangan, dan lembaga kliring dan sistem kliring dan penyelesaian;
  9. lembaga keuangan lainnya, agen pencegahan penipuan, asosiasi perdagangan, dan agen pemulihan utang;
  10. asosiasi kartu, merchant, dan pihak ketiga lainnya terkait layanan kartu;
  11. pihak ketiga manapun yang digunakan untuk menyediakan layanan kepada Anda;
  12. pembeli atau penerus lainnya dalam hal terjadi penggabungan, divestasi, restrukturisasi, reorganisasi, pembubaran atau penjualan atau pengalihan lainnya atas beberapa atau semua aset Perusahaan, baik secara berkelanjutan atau sebagai bagian dari kepailitan, likuidasi atau proses serupa, dimana Data Pribadi yang dimiliki oleh Bank tentang pengguna adalah salah satu aset yang dialihkan atau kepada rekanan dalam suatu transaksi aset bisnis yang melibatkan Bank, afiliasi atau perusahaan terkaitnya.

Bank mewajibkan pihak-pihak diatas untuk memastikan kerahasiaan dan keamanan atas setiap Data Pribadi yang diungkapkan. Dalam melakukan hal tersebut, Bank akan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan/atau Otoritas Jasa Keuangan maupun peraturan perundang-undangan lainnya yang mengatur Pelindungan Data Pribadi.

 

8. Keamanan Data Pribadi

Kerahasiaan Data Pribadi Anda adalah prioritas bagi Bank. Bank berkomitmen untuk memberikan upaya terbaik dalam rangka melindungi dan mengamankan Data Pribadi dari akses pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.

Dalam hal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas kerahasiaan Data Pribadi yang berada di luar kendali Bank, Bank akan dengan segera memberitahukan kepada Anda pada kesempatan pertama sehingga dapat mengurangi risiko yang timbul atas kejadian tersebut.

Anda bertanggung jawab dalam menjaga kerahasiaan informasi Data Pribadi Anda, termasuk menjaga username, password, email maupun OTP dari siapapun dan untuk selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang digunakan.

 

9. Perubahan dan Pembaruan

Bank dapat mengubah kebijakan ini dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa kebijakan ini konsisten dengan perkembangan penggunaan Data Pribadi Anda oleh Bank dan/atau perubahan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

10. Hubungi Kami

Apabila Anda memiliki pertanyaan, masalah atau keluhan terkait dengan praktik privasi kami, Anda dapat menghubungi kami melalui tautan berikut klik disini.

 

Berlaku sejak Oktober 2024